"Lewat tulisan, kita bisa mengubah kehidupan"

DATANGYA: MENGUSUNG KONSEP BARU DALAM UNDANGAN PERNIKAHAN


ceklist pernikahan (google.com/didesain untuk kebutuhan sendiri
Kalau ngomongin soal pernikahan, ada aja cerita yang terselip di dalamnya. Cerita sedih, cerita ribet, cerita seneng, pokoknya macem-macem. Mulai dari ribetnya ngurus resepsi, pusingnya milih baju pengantin, sampe marahan sama calon suami gara-gara ga sepakat soal lokasi bulan madu. Tapi, walau halangan rintangan membentang, tak jadi alasan buat nunda pernikahan.  
Hal terbaik yang bisa dilakukan untuk mengatasi ribetnya pernikahan adalah dengan mengatur dan mencentang mana yang udah dilakuin dan mana yang belum. Tujuannya, biar kelihatan mana yang perlu ditangani lebih dulu.
“Bentar lagi pesta pernikahanku tiba. Baju pengantin_udah, catering_udah, lokasi bulan madu_beres, persiapan resepsi_OK, undangan pernikahan_???”  
Ketika nyentangin semua item persiapan pernikahan, ternyata ketemu deh satu item yang masih menimbulkan tanda tanya alias belum beres. Yups, undangan pernikahan. Si simpel yang ga simpel-simpel banget. Ko bisa?

Sejatinya,  undangan pernikahan itu hanyalah selembar atau sehelai kertas yang berisi info soal siapa, kapan, dan dimana seseorang bakalan nikah terus diberikan pada orang lain agar orang itu mau hadir sesuai informasi. Sejatinya juga, bikin bentar sama corel terus dicetak sama print-print-an aja dah bisa. Kan yang penting informatif. Tapi sekarang, yang namanya undangan pernikahan itu ga bisa sesimpel itu. 

Saat ini, undangan pernikahan itu menunjukkan gengsi, eksklusivitas, dan prestise mempelainya. Undangan harus didesain dan dicetak sedemikian rupa sehingga benar-benar bagus dan memukau setiap orang yang melihatnya. Nah, standar yang kaya gini ini bikin repot. Bayangin aja, berapa rupiah yang harus dikeluarkan untuk mencetak sejumlah undangan? Misalnya aja tamunya ada 700 orang. Setiap undangan seharga Rp 3000. Kalau dijumlah, keluarlah angka Rp 2.100.000. Iya kalau tamunya cuman 700 orang, iya kalau harga undangannya cuman tiga ribuan, kalau lebih? Berapa duit?

Belum lagi kalau info dalam undangan itu salah atau diganti. Berabe lagi ngurusinnya. Pernah liat film Hari untuk Amanda? Di film itu ada adegan gimana ribetnya si Amanda ngurus undangan pernikahannya yang ternyata salah di bagian penanggalannya. Dia mesti pusing soalnya nyetak stiker yang pas di undangan itu ternyata ga gampang. Dia mesti dibantu sama Hari buat botulin undangan itu sampe bener. Nah, undangan Amanda yang keliru itu cuman beberapa buah, coba bayangin kalau yang keliru jumlahnya 700 buah? Bisa ga jadi nikah tuh si Amanda soalnya sibuk masang stiker di undangan itu.

Oke, itu cerita undangan nikah yang ada di film. Kalau pengalamanku pribadi sih juga ada. Waktu itu, kakakku mau nikah. Sekitar 2 bulan dari hari H, aku bantuin ibu buat ngurus persiapan nikah. Salah satunya, nge-fiks-kan undangan.
  • Ibu       : “Undangan nikahannya kakakmu ini sederhana saja. Soalnya buat tanda kalau para tamu ga usah bawa buah tangan ketika datang. (Ada tradisi  di kampung saya itu kalau undangannya dicetak bagus berarti para tamunya perlu bawa buah tangan pas nikahan. Kalau undangannya cuman diprint pake kertas biasa berarti ga usah bawa apa-apa
  • Aku     :Oh iya Bu. Tinggal bilang aja ke mas percetakan buat nyetak undangan yang sederhana aja.
  • Ibu       : Ga usah ke percetakan. Ngeprint sendiri aja. Kamu yang desain undangannya.
  • Aku     : Lho Bu, aku ga bisa desain undangan yang bagus ToT
Alhasil, undangan pernikahan kakakku sederhana banget. Aku, yang ga bisa desain ini, cuman ngasih border bunga di undangan terus font-nya kubikin monotive corsiva. Done. Ibuku mengeprintnya dan undangan itu tersebar.

Habis itu, aku berpikir. Kenapa undangan pernikahan yang simpel itui bisa jadi ribet banget. Harus didesainlah, dicetaklah, mahallah. Kira-kira, ada ga yang terobosan baru buat ngerubah keribetan itu jadi simpel, praktis, tapi tetep elegan? Ternyata jawabannya ADA. Beberapa waktu lalu, aku browsing soal konsep undangan pernikahan. Saat ini, sudah ada konsep undangan pernikahan online.
Undangan pernikahan online adalah konsep baru dalam era undangan pernikahan yang dibuat dalam bentuk website dan dapat diakses lewat laptop, PC, smartphone bahkan ponsel. Undangan ini terkoneksi dengan jejaring sosial sehingga dapat tersebar luas ke mana saja dengan akses luas tanpa batas.  
Pada saat yang sama aku nemuin Datangya.com. Sebuah situs unik yang menyuguhkan terobosan baru soal undangan pernikahan online. Mau tahu? Cekidot ^_^

----> APA ITU DATANGYA.COM?



Datangya.com adalah sebuah penyedia layanan undanganpernikahan berbentuk website. Karena berbentuk website, undangan ini nantinya bisa diakses secara online di manapun, kapanpun, dan oleh siapapun. Datangya.com hadir dengan mengusung konsep undangan pernikahan yang mudah, menarik, praktis, murah meriah, dam eksklusif. 

Pertama, mudah. Artinya datangya.com menyuguhkan kemudahan bagi calon mempelai untuk membuat undangan pernikahan mereka sendiri. Kemudahan ini tampah dari panduan membuat undangan yang terpampang jelas pada datangya.com. Bagi calon mempelai yang ingin membuat undangan, langsung saja mengikuti langkah-langkah yang sudah tersedia sebagai berikut. 
Panduan membuat undangan yang mudah untuk dilakukan (datangya.com)
Kedua, menarik. Artinya, datangya.com menyuhkan berbagai thema undangan pernikahan yang unik, elegan, beragam, dan terus diupdate agar para calon mempelai bisa memilih theme manakah yang paling menarik untuk undangan pernikahan mereka.
Varian thema yang unik dan beragam (datangya.com)
Varian thema dapat dilihat di fitur tema. Di sana, terdapat banyak sekali thema yang bisa dipilih untuk undangan pernikahan. Sedikitnya ada 56 thema yang tersedia. Ada thema paper, rosella, soft grey, nature, dan masih banyak lagi. Untuk memudahkan referensi, datangya.com juga menyediakan fitur populer yang menunjukkan urutan thema dari yang paling populer menurut konsumen.  

Ketiga, praktis. Artinya datangya.com hadir dengan mengusung konsep undangan pernikahan yang praktis pembuatannya dan praktis pula penyebarannya. Seperti yang saya ulas di atas, proses membuat undanganpernikahannya sangat cepat karena dapat terwujud hanya dengan 4 langkah. Lain halnya ketika membuat website undangan pernikahan online sendiri dari blogspot, wordpress, atau sejenisnya. Dibutuhkan waktu yang cukup lama dan skill yang handal untuk menciptakan website yang bagus. Tentu saja, kedua hal  itu cukup menghambat karena undangan pernikahan perlu dibuat dalam waktu yang cepat agar dapat cepat pula disebarkan. Selain itu, tidak semua orang bisa membuat website yang bagus. Oleh karena itu, datangya.com menyuguhkan kepraktisan pada calon mempelai untuk dapat membuat undangan penrnikahan yang bagus secara cepat lewat thema-thema pilihan dan tentu saja tidak perlu skill yang handal untuk membuatnya. 

Selain praktis membuatnya, undangan pernikahan online yang disuguhkan oleh datangya ini juga praktis penyebarannya. Mengapa? Karena datangya.com menghubungkan website undangan dengan jejaring sosial seperti facebook. Twitter, dan lain-lain. Lewat layanan itu, undangan bisa tersebar luar dalam sekali klik. Praktis bukan? 

Keempat, murah meriah. Datangya.com hadir dengan menyuguhkan undangan pernikahan yang benar-benar murah dibandingkan dengan undanganpernikahan yang dibuat secara offline atau edisi cetak. Mau tahu berapa? Hanya Rp 250.000. Harga ini tentu sangat burah dibandingkan dengan contoh undangan yang saya contohkan di atas. Hanya dengan 250 ribu, kita bisa mendapatkan undangan pernikahan yang cantik dengan akses luas tanpa batas. 

Kelima, eksklusif. Meskipun berupa undanganpernikahan online, datangya.com tidak melepaskan sisi eksklusivitas dan penghormatan terhadap tamu yang diundang. Datangya.com menyediakan fitur special invite untuk mengundang tamu-tamu yang penting. Fitur ini akan melengkapi undangan pernikahan kita menjadi lebih eksklusif meski tanpa dicetak sekalipun.


LAYOUT DATANGYA.COM: BEGITU MEMIKAT HATI  
Ketika membuka datangya.com, saya langsung tertarik melihatnya. Ketertarikan saya ini muncul karena beberapa hal yang ada didalamnya. Apakah itu? 

Saya tertarik dengan pilihan nama yang digunakan datangya.com yaitu “datang” dan “ya”. Secara eksplisit langsung bisa diartikan sebagai ajakan untuk datang, datang ke acara pernikahan tentunya. Nah, pilihan nama ini menurut saya sangat bagus karena bisa langsung merepresentasikan isi situs sehingga pengunjung tidak perlu lagi menebar-nebak apa isinya.

Dari nama, saya berpindah pada logo warna hati dengan warna pink dan tulisan datangya yang kontras dengan warna hijaunya. Tak lupa ada caption kecil yaitu wedding invitation online. Menurut saya, logo ini sangat manis karena tidak melulu menggunakan pinky yang diidentikkan dengan asmara. Selain itu, caption  yang dicantumkan juga begitu jelas merepresentasikan isi situs datangya.com.

Selanjutnya,  saya langsung tertarik dengan desain layout datangya.com yang begitu simpel dan manis. Font yang digunakan dalam situs berukuran cukup besar sehingga jelas untuk dilihat meski lewat smartphone sekalipun. Bentuk fontnya pun tidak neko-neko sehingga terkesan elegan.  Selain itu, pilihan warnayanya pun lembut sehingga membuat betah pengunjung untuk melihatnya.

Adapun penataan fitur-fitur situsnya juga rapi dan jelas. Kita bisa langsung tahu isi sebuah fitur hanya dengan melihat nama fiturnya. Misalnya fitur Blog, Themes, Video, Demo, dan lain-lain. 

Selain itu, saya suka membuka situs datangya.com karena ukurannya tidak terlalu berat. Artinya, tidak ada banyak animasi dan flash yang menyulitkan saya untuk mengaksesnya meskipun koneksi internet saya lola. Memang ada beberapa slide gambar, hal itu masih bisa dimaklumi sebagai bagian dari keindahan desain. Tapi keberadaan slide itu tetap membuat datangya.com, ringan untuk dibuka. 


KONTEN DATANGYA.COM: MENYUGUHKAN KERAGAMAN YANG MENGGODA
Kalau di atas kita sudah membahas tentang layout datangya.com, sekarang kita kupas habis isinya. 
Menurut saya, konten datangya.com  sangat rinci. Ketika kita membuka home datangya.com, kita bisa melihat sisi kanan situs yang terdapat beberapa layanan menarik. 
Halaman utama dayangya.com
Ada live messanger yang dapat menghubungkan  kita dengan admin dan pengurus datangya.com. Lewat layanan itu, kita bisa langsung bertanya dan berkomunikasi dengan admin tentang layanan undangan pernikahan online yang tersedia. 
Live messanger dengan admin datangya.com
Selain live messanger, ada pula lastest news yang berisi link-link berita terkini dalam datangya.com. Di bawahnya, kita bisa melihat ada icon jejaring sosial yang terhubung langsung dengan facebook dan twitter. Ada pula kolom testimonial  yang berisi komentar para pengunjung datangya.com. 

Yang terpenting lagi, kita bisa melihat fitur-fitur unggulan dari undangan pernikahan online yang dibuat oleh datangya.com. Fitur undangan ini berisi jumlah slide foto yang bisa ditampilkan, resepsi, peta dan denah, dan lain-lain. 
Fitur yang tersedia dalam undangan (website) pernikahan datangya.com
Fitur undangan udangan yang disediakan oleh datangya.com sangat lengkap. Fitur undangan ini memudahkan pengunjung untuk bisa melihat konten apa yang bisa mereka dapatkan ketika membuat undangan pernikahan online di datangya.com. 

Selanjutnya, kita bisa melihat varian themes yang tersedia dengan meng-klik fitur thema. Seperti yang saya ulas di atas, datangya.com menyediakan kurang lebih 56 thema dengan segala variasinya. Ada yang bentuk buku, bunga, cinta, natural, dan masih banyak lagi. Varian thema ini sangat membantu para calon mempelai untuk mendapatkan thema yang sesuai dengan kriteria undangan pernikahan impiannya.

Kalau mau melihat contoh undangan pernikahan  (website) yang sudah jadi, kita bisa klik fitur Demo. 
Dalam fitur itu, kita bisa melihat hasil undangan online yang udah jadi. Kita bisa mengamati langsung musiknya, tampilannya, fontnya, kelengkapan fitur undangannya, dan lain-lain. Adanya demo ini memudahkan para pengunjung untuk mendapatkan gambaran tentang bagaiman bentuk undangan pernikahan online miliknya nanti.
Demo undangan pernikahan online datangya.com yang udah jadi
Selain sebagai pengunjung, kita juga bisa bergabung menjadi afiliasi  dari datangya.com.  Afiliasi sendiri tersedia berupa  desainer template, reseller, bahkan kedua-duanya. Keuntungan yang didapatkan ketika menjadi desainer template adalah kita berhak mendapatkan fee sebesar Rp 150.000 ketika template itu digunakan oleh website datangya.com
Afiliasi dengan datangya.com
Ketika template itu digunakan oleh pengunjung datangya.com, maka desainer berhak mendapatkan royalti fee sebesar Rp 50.000. Asyik bukan? Informasi lengkapnya dapat dilihat di fitur afiliasi dan video. 

Nah, kalau masih masih bingung dengan proses registrasi, cara membuat undangan pernikahan, dan wedding music instrumental, kita bila langsung menuju fitur Video. Fitur ini  menyediakan informasi lengkap tentang ketiga hal tersebut. Dalam video itu dielaskan dengan gamblang bagaimana prosesnya sehingga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan informasi dan melakukannya. 

Nah, kalau ada yang kurang jelas, kita bisa bertanya langsung lewat live messanger atau menghubungi datangya.com di fitur contact us di sini 
Kontak datangya.com
Nah, kalau soal layanan, datangya.com menyediakan layanan yang "berani". Layanan itu adalah GARANSI. 
Garansi yaitu layanan pengembalian uang ketika pernikahan batal dilaksanakan. Jadi, jangan khawatir rugi karena pengembalian uang ini dijamin oleh pihak datangya.com. 

Layanan garansi dari datangya.com
Selain garansi, ada juga layanan Special Invite. 
Spesial invite dari datangya.com


Special Invite  yaitu layanan undangan khusus yang diberikan untuk tamu-tamu spesial berupa undangan langsung. Special invite ini merupakan layanan undangan yang menyuguhkan eksklusivitas dan penghormatan yang sebesar-besarnya pada tamu khusus yang diundang. 

Meskipun konten dari datangya.com sudah sangat menggoda, ada beberapa konten yang menurut saya perlu ditmbahkan atau diperbaiki.
  1. Untuk fitur About Us lebih baik dijelaskan lebih lanjut tentang datangya.com dan seluk beluknya. Misalnya sejarah, tanggal berdiri, prestasi, trackrecord, dan lain-lain. Informasi semacam ini perlu disuguhkan  untuk menunjang kepercayaan pengunjung. Untuk konten kelebihan sebaiknya bukan di fitur ini melainkan disediakan fitur yang baru atau diibuat dalam bentuk slide di home. 
  2. Ada baiknya kalau fitur newsletter tidak begitu saja (kosong). Lebih baik datangya.com juga menyediakan diskon atau voucher potongan seperti situs online shop melalui permintaan newsletter. Biasanya online shop memberikan diskon sebesar Rp 50.000 kalau ada yang mau mendaftar newsletter. Nah, kalau datangya.com juga berani memberikan hal yang sama pada pengunjung, tentu akan menciptakan daya tarik yang luar biasa. 
  3. Fitur video dan fitur demo menurut saya agak rancu. Lebih baik fitur video dialihkan ke dalam fitur demo  karena rancu. Saya sendiri agak bingung membedakan karena ada demo dan ada video. Kalaupun ingin dipertahankan, sebagaiknya nama demo diganti dengan contoh undangan misalnya. 
  4. Ada baiknya kalau kalau disediakan fitur informasi pembayaran. Di situ dijelaskan secara eksplisit misalnya pembayarannya berapa, menggunakan apa dan bagaimana prosesnya. Lebih baik lagi kalau ada pilihan harga dengan tambahan fasilitas (mungkin). Dengan kejelasan seperti itu, pengunjung akan lebih mudah menentukan pilihan. 
  5. Pada Theme, ada baiknya kalau digolongkan menjadi tipe-tipe tertentu. Misalnya tipe flower yang isinya thema-thema dengan desain bunga. Ada lagi tipe love yang isinya thema berdesain cinta-cinta. Tipe-tipe semacam itu akan lebih membantu pengunjung dalam memilih thema yang tepat dan lebih cepat tentunya karena lebih mengerucut konten themanya.
  6. Garansi dan special invite adalah layanan unggulan yang diberikan oleh datangya.com. Nah, ketika saya mencari-cari informasi terkait kedua hal tersebut, ternyata tidak ada. Ada baiknya kalau datangya memberikan ulasan yang mendalam tentang kedua hal tersebut. Mulai dari pengertian sampai prosedurnya. Dengan demikian, pengunjung bisa langsung tahu keunggulan dari kedua layanan itu. 
SEKARANG, APA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DARI DATANGYA.COM?
Kalau bicara tentang kelebihan, tentu banyak sekali. Karena dari awal, kita sudah banyak mengulas kelebihannya. Tapi, kalau diringkas, kira-kira seperti ini.
  • Datangya.com menyuguhkan kemudahan, kemenarikan, kepraktisan, eksklusifitas, dan harga yang murah meriah untuk undangan pernikahan online
  • Layoutnya menarik, rapi, dan elegan
  • Kontennya beragam, jelas, dan informatif sehingga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan informasi.
  • Terdapat fitur afiliasi yang berisi ajakan kerja sama sebagai desainer template dan reseller.
  • Theme-nya sangat bervariasi, unik, dan elegan sehingga tidak kelihatan seperti website murahan
  • Menyediakan layanan GARANSI. Yaitu layanan uang kembali ketika pernikahan batal diadakan. 
  • Menyediakan fitur Special Invite yaitu undangan khusus untuk tamu-tamu yang spesial lewat undangan langsung pada mereka. 
Meskipun, banyak kelebihannya, ada pula kekurangan yang dimiliki oleh datangya.com dan undangan pernikahan online. Antara lain:
  • Masih ada beberapa elemen yang perlu diperbaiki sebagaimana ulasan saya di atas. 
  • Datangya.com itu hadir dengan themes. Ini bisa menjadi kekurangan dan kelebihan. Kelebihannya adalah konsumen bisa memilih thema yang disukainya. Kekurangannya adalah akan muncul kesamaan undangan pernikahan karena pemakaian thema yang sama ketika datangya sudah menjadi situs besar dan banyak penggunanya. Tentu saja hal ini akan mengganggu minat konsumen. Pernikahan adalah sebuah acara yang benar-benar milik pribadi sehingga harapannya adalah konsep pernikahan itu menjadi miliknya sendiri sehingga Jangan sampai ada pernikahan orang lain yang sama dengan konsep itu. 
Lihat, ada 2 undangan yang memakai tema sama. 
  • Undangan pernikahan ini hanya terbatas pada kalangan pengguna internet, bukan untuk wilayah terpencil yang sulit akses internetnya. 
SARAN SAYA UNTUK DATANGYA.COM
Konsep undangan pernikahan online memang belum begitu populer untuk semua kalangan. Oleh karena itu, saya menyarankan adanya beberapa perbaikan demi kemaslahatan datangya.com.
  • Konsep undangan pernikahan online masih dianggap kurang eksklusif dan tidak sopan. Penyebabnya adalah konsep tersebut  belum begitu dikenal oleh masyarakat sehingga kelebihan yang ditonjol-tonjolkan oleh datangya.com belum begitu kentara. Oleh karena itu, datangya.com perlu mensosialisasikan undangan pernikahan tersebut dengan giat di berbagai jejaring sosial.
  • Datangya.com perlu menghilangkan thema-thema yang sudah sering dipakai untuk menjaga ekslusifitas kartu undangan. Cara lain misalnya menyediakan layanan thema limited edition yang benar-benar menunjukkan eksklusifitas dan kepemilikan pribadi yang tidak bisa dimiliki pengunjung yang lain. 
  • Datangya.com perlu memberikan bonus berupa voucher potongan harga pada pengunjung yang melakukan pendaftaran newsletter. Cara ini meniru online shop dan memang terbukti ampuh untuk menarik pengunjung.
Seiring berjalannya waktu, semua hal yang semula offline menjadi online. Bahkan soal undangan pernikahan sekalipun. Datangya.pun membidik moment tersebut untuk mengisi keluangan itu dengan sebuah layanan yang menarik yaitu undangan pernikahan online. Nah, bagi kamu yang sudah siap menikah, ayo segera kunjungi datangya.com untuk membuat undanganmu. Are you ready? 
Cat:
Beberapa informasi tentang datangya.com diambil dari situs resminya yaitu datangya.com. 

¡Compártelo!

3 comments:

Icha

hmmm keren sekali tulisannyaa...
goodluck yaahh :-)
boleh lhoo mampir ke blog ku http://farichatuljannah.blogspot.com/2013/02/datangyacom-ahlinya-undangan-pernikahan.html Terimakasih :-)

Hilmia Wardani Nugroho

Terima kasih sudah mampir :D
Salam kenal ya :) saya akan berkunjung :)

Yesi Sehiling

:)

Posting Komentar

Buscar

 
BENITORAMIO Copyright © 2011 | Tema diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger