"Lewat tulisan, kita bisa mengubah kehidupan"

EKSKUL ANTI TAWURAN PELAJAR

Mencuatnya kasus tawuran antarpelajar beberapa waktu terakhir menyisakan PR besar bagi semua pihak, khususnya pihak sekolah. Semua sepakat kalau tawuran harus ditangani secepatnya.  
Menurut hemat penulis, upaya penanganan tawuran dapat dilakukan dengan mendirikan ekskul anti tawuran di setiap sekolah. Ekskul ini dikelola oleh siswa dan guru konseling sekolah. Program kerja dari ekskul ini misalnya pemberian penyuluhan tentang bahaya tawuran pada siswa, penyelenggaraan kerja sama perdamaian pelajar antar sekolah, serta pembinaan karakter siswa. Siswalah yang paling banyak berperan untuk mensukseskan program-program tersebut. Siswa berperan sebagai penyuluh teman sebaya, pelaksana program, sekaligus objek dari pelaksanaan program-program tersebut. Adapun guru konseling hanya berperan sebagai fasilitator.
Lewat ekskul semacam ini, siswa bisa berpartisipasi langsung dalam aksi damai menolak tawuran, menyebarluaskan aksi tersebut pada teman-teman mereka, dan mendapatkan pembinaan karakter atas ketidakbermanfaatan tawuran. Dengan adanya ekskul ini, diharapkan aksi tawuran antarpelajar bisa dicegah dan tertangani dengan baik.  

¡Compártelo!

0 comments:

Posting Komentar

Buscar

 
BENITORAMIO Copyright © 2011 | Tema diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger