"Lewat tulisan, kita bisa mengubah kehidupan"

YUK, JADI WANITA C-A-N-T-I-K BERSAMA KOSMETIK HALAL DAN AMAN

Hay  Cantik ^_^
Bagaimana kabar kalian?
Sudahkah kalian merasa cantik hari ini? 

Woow, rasanya ada yang berbeda dengan tulisan blog saya kali ini. Begitu juga dengan cara saya menyapa pembaca semua dengan sebutan Cantik. Mengapa?  Soalnya, saya akan mengupas habis tentang kecantikan dan wanita. Sebuah topik yang rasanya aku banget atau yang lebih gaul AKU BEUuuDT.

Okkey Cantik ^_^
Semoga kalian bisa mengambil banyak manfaat dari tulisanku kali ini
Selamat membaca blogku ya 

A. APA ITU C-A-N-T-I-K?

Sebelum kita bicara tentang cantik lebih jauh, ada baiknya kalau kita tau tentang konsep cantik terlebih dahulu.

Cantik adalah sebuah  kata sifat yang digunakan untuk merepresentasikan sebuah keindahan milik kaum wanita. Cantik identik dengan dua hal, yaitu kecantikan fisik (keindahan paras dan tubuh) dan kecantikan hati (kebaikan perilaku dan sifat). Keempatnya menjadi sebuah kesatuan yang tidak dapat dipisah-pisahkan dan menjadi syarat terpenting untuk mencapai kecantikan yang sempurna.

4 Unsur Kesempurnaan Kecantikan (Dok.Pribadi)

Namun, tidak semua orang bisa mencapai kecantikan yang sempurna tersebut. Mengapa? Karena kecantikan hati lebih sulit dibentuk daripada kecantikan fisik. Hati membutuhkan proses yang lama untuk bermetamorfosis menjadi lebih cantik dari sebelumnya. Proses tersebut adalah pendidikan, pergaulan, serta pengalaman pribadi dan orang lain. Meskipun sulit, memiliki kecantikan hati dinilai lebih baik daripada hanya memiliki kecantikan fisik. Karena dengan kecantikan hatilah kita bisa berbuat baik pada sesama, menghormati orang lain, dan menghargai hidup kita serta makhluk lain yang ada di sekeliling kita. Kecantikan hati bahkan sempat diangkat dalam sebuah lagu  hits berjudul You're Beautiful yang sukses dibawakan oleh  girl band Cherry Belle.
Don't cry, don't be shy
Kamu cantik apa adanya
Sadari, syukuri, dirimu sempurna
Jangan dengarkan kata mereka
Dirimu indah pancarkan sinarmu
You are beautiful, beautiful, beautiful
Kamu cantik, cantik, cantik dari hatimu
***
You're Beautiful by Cherry Belle

Meskipun memiliki kecantikan hati jauh lebih baik dibandingkan dengan hanya memiliki  kecantikan fisik, bukan berarti kita sebagai wanita mengabaikan fisik tersebut. Salah besar. Saya teringat sebuah quote

Cantik memang dari hati, tapi berdandan itu perlu

Berdandan berarti merawat tubuh dan wajah sebagai ungkapan syukur atas karunia Tuhan. Merawat berarti menjaga kebersihan dan keindahan  wajah dan tubuh dari berbagai masalah yang sering menyerangnya seperti jerawat, komedo, minyak wajah, bau badan, dan penyakit kulit.

Selain itu, berdandan juga bertujuan untuk memperindah diri. Pribadi yang indah seperti ini sangat disukai Allah karena Allah  menyukai keindahan. Rasullullah SAW bersabda:

إن الله جميلٌ يحب الجمال، الكبر بطر الحق وغمط الناس)) رواه مسلم
"Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan"

Berdandan itu sangat perlu untuk menunjang penampilan dan kecantikan hati itu sendiri. Bayangkan, ada seorang wanita yang sangat baik pada orang lain, ramah, dan supel. Namun, dia tidak pernah merawat tubuhnya sehingga bau badan, jerawatan, dan kumal. Meskipun dia memiliki kecantikan hati yang luar biasa, orang-orang akan tetap sedikit enggan untuk bergaul dengannya. Masa dekatan sedikit saja sudah kecium bau badan yang tak sedap luar biasa. Kan engga banget ya...

Jadi sebagai wanita, kita harus memiliki kecantikan hati sebagai poin utama. Namun, kita juga tidak boleh mengabaikan kecantikan fisik. Kita juga harus pandai merawat dan memperindah diri  untuk kita, orang lain, dan juga Tuhan sebagai ungkapan syukur atas ciptaan-Nya.

B. STANDAR KECANTIKAN DI DUNIA DAN INDONESIA

Setiap daerah, kota, dan negara memiliki standar kecantikan sendiri-sendiri. Standar ini lebih condong dilihat dari perspektif  fisik. Mengapa bukan kecantikan hati? karena kecantikan hati lebih universal. Semua orang di semua daerah suka wanita yang baik hati, suka menolong, dan suka menabung. Tapi, tidak semua orang menganggap kondisi fisik tertentu sebagai kecantikan. Ada yang menganggap kulit putih, ada yang hidung mancung, ada yang leher panjang,  dan lain-lain sebagai ciri kecantikan. Beda daerah, beda pula standar kecantikannya.

Sekarang kita ulas beberapa ya Cantik ^_^
  1. Jepang. Kunci kecantikan di Jepan adalah kulit. Kulit yang lembut dan mulus menjadi standar kecantikan utama bagi wanita yang ingin dianggap cantik di sana. Untuk mendapatkan kulit tersebut, mereka banyak mengkonsumsi collagen.
  2. Taboo. Di Burma dan Thailand anggota suku Kayan memiliki standar kecantikan yaitu leher yang panjang. Mereka mulai memanjangkan leher sejak umur 5 tahun dengan menggunakan gelang-gelang di leher mereka. Mereka menganggap bahwa leher yang panjang adalah simbol kecantikan bagi wanita.
  3. Mauritania. Jika negara lain menganggap langsing sebagai standar kecantikan, maka berbeda dengan Mauritania. Di sana, gemuk adalah cantik. Jadi, wanita menggemukkan badannya agar dianggap cantik. (forum.kompas.com, 26/6/12)
Sekarang, standar kecantikan sudah berubah. Arus globalisasi dan perubahan cara pandang telah membuat perubahan yang luar biasa tentang konsep kecantikan bagi wanita. Kteriteria kecantikan  semakin mengarah pada 3B yaitu Brain, Beauty, dan Behavior. Namun, beauty yang diinginkan adalah kecantikan yang mengarah pada ciri fisik langsing, tinggi, berkulit putih putih/mulus/cerah, dan penggunaan make up. Standar kecantikan macam ini semakin meluas hingga ke Indonesia. 

Di Indonesia sendiri, kulit yang putih sebagai standar utama kecantikan. Wanita yang putih dan bersih dari segala masalah kulit dianggap lebih cantik dari pada wanita yang berkulit gelap dan berjerawat.

C. WANITA  TERJERUMUS PADA KOSMETIK BERBAHAYA KARENA TEROBSESI MENJADI CANTIK??

Sebagaimana keinginan manusia untuk menjadi sosok yang lebih baik, hampir semua wanita memang ingin menjadi cantik khususnya secara fisik. Yups, karena seseorang pertama kali dilihat dari fisik dan penampilannya. Soal kecantikan hati, itu masalah nanti ketika mengenal lebih jauh. Paling tidak kulit wajah bisa bebas dari jerawat, kulit bersih/mulus/putih, dan tampil  makin sempurna dengan polesan make up. Sayang, keinginan macam ini telah berubah menjadi obsesi yang bahkan membahayakan diri sendiri.

Obsesi menjadi cantik menjadi alasan utama bagi seorang wanita untuk mengubah penampilan fisik secara total. Kalian mungkin pernah bertemu bahkan punya kenalan yang bertindak demikian. Ketika masih duduk di bangku sekolah, dia termasuk wanita yang cuek dengan penampilan dan kondisi tubuhnya. Wajahnya penuh jerawat karena tidak terawat. Dia sering diolok-olok karena penampilannya tersebut. Tapi, ketika bertemu lagi dengannya di reuni sekolah, dia bermetamorfosis menjadi wanita cantik dengan kulit terawat dan penampilan yang memukau. Wow, sungguh mencengangkan bukan?

Banyak sekali alasan mengapa wanita terobsesi menjadi cantik, misalnya:

Alasan menjadi cantik (dok.pribadi)

Kembali pada kondisi kejiwaan dan perasaan kaum wanita, mereka adalah makhluk yang sensitif. Artinya, mereka cenderung gampang frustasi bila sesuatu terjadi pada diri mereka. Ketika seorang wanita diolok-olok sebagai wanita jelek, maka timbul rasa frustasi dan tekanan batin dalam dirinya. Lantas, timbul keinginan untuk mengubah diri menjadi cantik. Keinginan untuk terlepas dari predikat jelek tersebut sangat kuat sehingga memicu mereka untuk menempuh langkah instan.

Obsesi menjadi cantik membuat mereka mudah  terpikat dengan iklan-iklan kecantikan yang menawarkan tubuh langsing dengan cepat dan murah. Belum lagi tentang kosmetik. Mereka seringkali terjerumus pada penggunaan  kosmetik berbahaya yang seringkali menawarkan kecantikan instan yaitu  praktis, tidak  membutuhkan waktu lama dan  murah. Dikatakan berbahaya karena zat-zat yang terkandung dalam kosmetik tersebut adalah zat yang berdampak buruk bagi kesehatan. Padahal, tidak ada kecantikan yang bisa didapat secara instan. Semua harus melewati proses yang bertahap.

Berikut beberapa contoh zat-zat berbahaya dalam kosmetik












Sekarang, peredaran kosmetik berbahaya semakin marak di Indonesia. Semua ini secara tidak langsung dipicu oleh obsesi wanita untuk menjadi cantik itu sendiri. Obsesi tersebut menjadi mangsa empuk bagi produsen kosmetik nakal yang ingin meraup keuntungan. Berdasarkan keterangan yang dilansir oleh Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM), Husniah Rubiana Thamrin Akib, ditemukan bahwa jumlah kosmetik yang mengandung bahan berbahaya mencapai jutaan. Selain itu, selama tahun 2007, Badan POM menemukan 27 merek kosmetik yang berbahaya karena mengandung merkuri, asam retinoat, dan zat pewarna rhodamin (kompas.com, 26/11/2008).

Upaya penyitaan dan pengendalian kosmetik berbahaya pun sudah dilakukan oleh pemerintah dan Badan POM. Di Mataram misalnya Balai Besar POM Mataram berhasil menyita 6.154 kemasan kosmetik tanpa iin edar, palsu, serta kosmetik berbahaya. Kosmetik berbahaya tersebut sebanyak 57 buah (globalfmlombok, 24/9/2011). Peredaran kosmetik abal-abal dan berbahaya sangat beresiko. Kosmetik tersebut mengandung berbagai zat yang berbahaya. Bila digunakan, zat-zat tersebut juga berdampak buruk bagi kesehatan.

Kosmetik berbahaya telah menyebabkan berbagai kasus. Di yogyakarta, terjadi banyak kasus efek samping penyakit kulit diakibatkan penggunaan hidrokinon berlebihan pada kosmetik. 40 kasus terjadi misalnya karena kandungan hidrokinon lebih dari 2%. Selain itu, kelainan kulit juga disebabkan penggunaan kosmetik yang kurang tepat dengan usia sehingga timbul alergi. Kejadian paling banyak adalah keinginan untuk mencerahkan kulit wajah namun yang terjadi adalah kesalahan penggunaan kosmetik yang mengakibatkan kulit menghitam (health.detik.com, 5/3/2012).

Adanya peredaran kosmetik yang mengandung bahan-bahan berbahaya mesti membuat kita sebagai kaum wanita lebih berhati-hati dalam memilih kosmetik yang benar. Jangan sampai kulit kita rusak karena kita asal memilih kosmetik yang murah dan menawarkan kecantikan instan tapi berbahaya bagi kecantikan itu sendiri.

D. BENAR, WANITA MUSLIM MUSTI WASPADA DENGAN KOSMETIK BERBAHAYA DAN TIDAK HALAL 

Sebagai wanita muslim, kita tak hanya musti waspada pada kosmetik berbahaya namun juga kosmetik tidak halal. Mengapa? Sebagai wanita muslim, kita harus menjunjung tinggi syariat agama dalam setiap perjalanan dan pilihan hidup. Demikian pula pada hukum islam halal-haram. Islam sudah menyariatkan untuk mematuhi hukum halal dalam seluruh lini kehidupan.

Halal sendiri berasal dari bahasa Arab حلال yang berarti legal atau diizinkan. Maksudnya adalah sesuatu yang dinyatakan halal maka dilegalkan atau diizinkan untuk dikonsumsi atau dilakukan. Konsep tentang halal sendiri tidak hanya mencakup soal makanan, namun juga kegiatan, proses, dan hubungan antar manusia.

Kosmetik yang tidak halal berarti menggunakan bahan-bahan yang tidak dihalalkan oleh syariat Islam. Bahan-bahan tersebut menggunakan unsur hewani. Berdasarkan keterangan yang dilansir dalam camillacosmetic.com, zat-zat tersebut antara lain:
  • Lemak dan turunannya (gliserin, GMS, Cetyl Alc, Stearic Acid, Stearyl Acid, Palmitate Acid, dll)
  • Kolagen dan elastin kolagen yang berasal dari babi. Dua zat ini digunakan dalam pelembab karena berguna untuk menjaga kelenturan kulit.
  • Ekstrak placenta dan amnion (cairan ketuban) yang bermanfaat untuk meremajakan kulit.
  • Asam Alfa Hidroksi (AHA) , salah satu senyawa asam laktat, yang dalam pembuatannya menggunakan media hewan.
  • Hormon estrogen, ekstrak timus, dan melantonin adalah contoh hormon yang berasal dari hewan
  • Sodium Herparin.  
























Olahan babi sebagai sumber bahan aneka macam, termasuk kosmetik (multiply.com)

Allah sendiri sudah menegaskan dalam Al Maidah ayat 3:

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالْدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللّهِ بِهِ وَالْمُنْخَنِقَةُ وَالْمَوْقُوذَةُ وَالْمُتَرَدِّيَةُ وَالنَّطِيحَةُ وَمَا أَكَلَ السَّبُعُ إِلاَّ مَا ذَكَّيْتُمْ وَمَا ذُبِحَ عَلَى النُّصُبِ وَأَن تَسْتَقْسِمُواْ بِالأَزْلاَمِ ذَلِكُمْ فِسْقٌ الْيَوْمَ يَئِسَ الَّذِينَ كَفَرُواْ مِن دِينِكُمْ فَلاَ تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِ الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الإِسْلاَمَ دِيناً فَمَنِ اضْطُرَّ فِي مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لِّإِثْمٍ فَإِنَّ اللّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ
“ Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan..” (QS. 5:3)

Dalam ayat di atas, kata "memakan" tidak hanya bermakan memakan lewat mulut. Tapi memakan tersebut juga berarti mengkonsumsi dalam artian menggunakan olahan babi untuk berbagai keperluan termasuk kosmetik.
Larangan berhias di salah satu masjid (dok.pribadi)

Penggunaan kosmetik tidak halal akan berdampak pada kesucian diri. Kesucian ini menjadi syarat yang harus dipenuhi saat kita beribadah. Dengan kondisi hati dan tubuh yang suci, kita menghadap Sang Maha Kuasa. Lain halnya ketika kita menggunakan kosmetik tidak halal. Kosmetik tersebut akan menghalangi kesempurnaan ibadah.

Selain kesucian diri sendiri, kosmetik tersebut juga mengganggu kesucian orang lain jika produk itu bertebaran atau berceceran di lantai/karpet baik sengaja atau tidak. Dengan alasan inilah ada beberapa masid yang melarang jamaah putri untuk berhias/berdandan di dalam masjid. Dikhawatirkan para wanita menggunaan kosmetik tidak halal dan berceceran sehingga mengganggu kesucian masjid   dan kesempurnaan ibadah.

JADI, KITA MUSTI MILIH KOSMETIK YANG GIMANA?

Sebagai wanita dan muslimah yang cerdas, kita harus memilih produk kosmetik yang aman dan halal
Aman berarti tidak mengandung zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan dan tidak menimbulkan efek samping yang buruk. Sedangkan halal berarti komposisi dalam kosmetik terbuat dari zat yang halal, diproses dengan halal, dan berasal dari bahan yang halal pula. 

Nah sekarang, aku akan berbagi beberapa tips memilih kosmetik yang halal dan aman. Cekidot ^_^

KENALI KEBUTUHAN DIRI


Sebelum memilih dan memutuskan untuk memakai sebuah produk kosmetik, alangkah baiknya jika kita mengenali dulu kebutuhan diri kita terhadap kosmetik. Pengenalan ini sangat penting sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan kosmetik yang akan dipilih. Pengenalan ini mencakup beberapa hal, yaitu:
  • Kenali dulu kondisi kulit kita. Termasuk katagori normal, berminyak, atau sensitif. Setelah itu, pilih kosmetik yang sesuai dengan kondisi kulit. Penyesuaian ini sangat penting untuk mengurangi dampak ketidakcocokan kosmetik seperti kulit kemerahan, gatal-gatal, dan iritasi ringan.
  • Kenali dulu kebutuhan diri pada sebuah produk kosmetik tertentu. Misalnya kita ingin membeli maskara. Kita harus mempertimbangkan benarkan maskara tersebut benar-benar penting untuk menunjang penampilan. Jangan sampai maskara tersebut malah membuat penampilan kita aneh. Mungkin saja karena bulu mata kita sudah sangat tebal sehingga tidak membutuhkan maskara. Lebih baik, kita tanyakan dulu pada sahabat kita tentang hal-hal ini agar kita membeli kosmetik yang benar-benar pas. 
  • Kenali dulu budget membeli kosmetik yang tersedia. Harga kosmetik sangat bervariasi mulai belasan hingga ratusan ribu rupiah. Mengenali budget sangat penting ketika kita berniat membeli kosmetik. Jangan malu jika kita mengurungkan niat membeli kosmetik tertentu karena  ternyata kantong dompet benar-benar tidak kooperatif dengan harganya. Lebih baik membeli kosmetik yang sesuai dengan budget. Namun,  jangan gampang tergiur dengan kosmetik yang murah. Justru kita musti wapada pada kosmetik yang seperti itu karena menawarkan janji yang muluk-muluk tentang kulit yang menawan, tapi harganya murah. Jangan-jangan itu tipuan semata.
KENALI IDENTITAS KOSMETIK

Identitas  sangat penting ketika kita memutuskan untuk membeli sebuah produk kosmetik. Identitas kosmetik harus jelas, transparan, dan terpercaya agar kita bisa terhindar dari produk abal-abal. Ada beberapa hal yang harus kita cermati terkait identitas kosmetik, yaitu:
  • Cek merk kosmetik. Pada dasarnya, merk adalah identitas utama sebuah produk. Merk yang besar terbentuk melalui proses yang panjang dan berliku-liku. Produsen harus melewati perjalanan panjang untuk menemukan racikan yang pas untuk bahan-bahan produknya dan  mempublikasikannya. Merk adalah harta terbesar para produsen sehingga mereka pasti menjaga image dan kepercayaan masyarakat pada merk tersebut. Mengapa? Sekali image merk produk mereka rusak, maka mereka akan kehilangan kepercayaan masyarakat. Ujung-ujungnya adalah penurunan jumlah penjualan dan keuntungan. Untuk mempopulerkan sebuah merk, biasanya produsen menggunakan iklan di media cetak, media online, dan media elektronik. Tujuannya adalah menarik minat masyarakat untuk menggunakan merk tersebut. Nah, terkait dengan kosmetik, ada baiknya kalau kita membeli produk yang merknya terpercaya. Merk yang demikian akan menghindarkan kita dari potensi kosmetik palsu karena sekali lagi produsen yang cerdas tidak akan merusak citra dan kualitas merknya sendiri.  Jangan membeli kosmetik yang merknya bahkan belum pernah kita dengar atau kita temukan di media apapun.  Itu sangat berbahaya karena kita tidak bisa mengontrol dan mengakses informasi apapun tentang kosmetik tersebut. Jika merk tersebut belum terkenal dimanapun, kemungkinan besar kosmetik itu palsu dan berbahaya.     
  • Cek lolos uji BPOM atau cek kode BPOM pada kosmetik. BPOM adalah lembaga yang bertugas untuk mengawasi peredaran obat dan makanan di Indonesia. Berdasarkan keterangan yang dilansir oleh id.wikipedia.org tentang BPOM Indonesia, ada beberapa fungsi dari Badan POM, antara lain:
a. Pengaturan, regulasi, dan standarisasi
b. Evaluasi produk sebelum diizinkan diedarkan
c. Lisensi dan sertifikasi industri di bidang farmasi 
d. Pengujian laboratorium, pemeriksaan, penyidikan, dan penegakan hukum
e. Edukasi dan peringatan publik 

--> Logo Badan POM RI (perkosmi.com)

Badan ini akan mengecek seluruh produk yang beredar di Indonesia, termasuk kosmetik. Mereka akan menyeleksi dan meninjau bahan-bahan kosmetik sebelum diizinkan beredar. Oleh karena   itu, kita harus memilih kosmetik yang lolos uji BPOM agar terhindar dari zat dan bahan kosmetik berbahaya.

Kita sendiri bisa mengecek kode BPOM yang tertera pada  kosmetik. Sebagaimana yang dilansir pada ulpk.pom.go.id, caranya adalah dengan melihat Kode Izin Edar dari BPOM berupa Kode registrasi produk sebagai berikut
CD
CL
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
E
L
EL
 CD : Kosmetik Dalam Negeri
 CL  : Kosmetik Luar Negeri
 E     : Kosmetik khusus untuk ekspor
 L     : Kosmetik golongan II (Low Risk)
 EL   : Kosmetik golongan II (Low Risk) khusus ekspor
 CA  : Kosmetik dengan tanda notifikasi

Misalnya: Kode yang tertera pada Wardah










Kode registrasi Wardah (Screencapture dok.pribadi)

Sedangkan Nomor Persetujuan Pendaftaran untuk Percepatan Pendaftaran Kosmetik terdiri dari 13 digit
CD
A-E
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11

Jika kita masih ragu apakah produk yang akan kita beli benar-benar lolos registrasi atau tidak di BPOM, kita bisa memanfaatkan website resmi BPOM yaitu pom.go.id. Caranya adalah



















Klik Fitur Produk Teregistrasi (Screencapture dok.probadi)

Selanjutnya, klik fitur KOSMETIK manapun (tahun bebas) yang tertera di sana untuk melihat daftar kosmetik yang telah teregistrasi oleh BPOM.
















Klik Fitur Kosmetik (Screencapture dok.Pribadi)

Jika  masih belum ketemu, kita juga bisa menggunakan fitur pencarian yang terletak di pojok kanan atas. Kita bisa mencarinya lewat nama produk sesuai alpabetis atau dengan mengetik nama/kode registrasi yang (mungkin) tercantum pada kemasan.






Bisa dengan memanfaatkan fitur pencarian (Screencapture dok.pribadi)

Gampang bukan? Jadi jangan ragu untuk mengecek apakah kosmetik yang akan kita beli telah lolos BPOM dan mendapatkan kode registrasi atau belum ^_^
  • Cek label halal pada kosmetik. Sebagaimana yang saya ulas di atas, kehalalan sebuah produk sangat penting untuk diperhatikan, khususnya karena kita wanita muslim. Oleh karena itu, kita perlu memastikan bahwa kosmetik yang kita pakai terjamin kehalalannya. Caranya adalah dengan melihat label halal yang tertera pada kemasan. Jika ada label halal, apalagi label itu dikeluarkan oleh LPPOM MUI,  maka bisa dipastikan bahwa kosmetik itu memang benar-benar halal.  
LPPOM MUI atau kepanjangan dari Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia adalah lembaga yang bertugas meneliti, mengkaji, menganalisa, dan memutuskan sebuah produk pangan dan turunannya, obat, dan kosmetika aman dikonsumsi dari segi kesehatan dan agama (halal). Selain itu, lembaga ini juga bertugas untuk memberi rekomendasi, merumuskan ketentuan, dan bimbingan pada masyarakat (id.wikipedia.org

Bertugas sebagai pengawas kehalalan produk, LPPOM MUI mengeluarkan sertifikasi halal sebagai tanda tanda sah jika sebuah produk memenuhi kriteria halal yang ditetapkan oleh MUI. 

Sebagaimana keterangan yang juga dilansir pada id.wikipedia.org tentang LPPOM MUI , ada beberapa syarat yang ditetapkan agar sebuah produk dinyatakan halal, yaitu:
  • Tidak mengandung babi.
  • Tidak mengandung bahan yang haram seperti organ, darah, dan kotoran.
  • Semua bahan yang berasal dari hewan disembelih sesuai syariat islam.
  • Tempat penyimpanan, penjualan, pengolahan, dan transportasi tidak boleh digunakan untuk babi. Jika pernah digunakan, maka harus dibersihkan sesuai syariat islam.
Label halal MUI (antaranews.com)

Sebuah produk diajukan untuk mendapatkan sertifikasi halal dari MUI melewati beberapa proses. Pertama, pengajuan permohonan sertifikasi halal dengan melampirkan spesifikasi produk dan prosesnya. Selanjutnya, LPPOM MUI akan mengadakan peninjauan terhadap produk tersebut bekerja sama dengan tenaga ahli. Jika produk tersebut lolos uji, maka sertifikasi halal bisa diberikan.

Sebuah produk yang mendapatkan sertifikasi halal dari LPPOM MUI dapat dijamin kehalalannya. Mengapa? karena LPPOM MUI benar-benar menganalisis dan meninjau kandungan kehalalan produk dengan melihat berbagai pertimbangan yaitu bahan, proses, dan cara agar sesuai dengan syariat dan bisa menjamin kehalalannya. 

CEK KONDISI KOSMETIK
  • Cek kondisi fisik kosmetik yaitu kemasan dan tanggal kadaluarsa pada kemasan. Mengecek kondisi kemasan wajib dilakukan ketika kita memilih kosmetik. Cermati kardusnya apakah kusut, peyot, atau berdebu. Cermati plastik/tube/botol kosmetik apakah ada cacat atau tidak. Cermati sablon tulisan apakah pudar atau jelas. Cermati juga kelengkapan informasi yang ada di kemasan tentang komposisi, merek, cara pemakaian, dan lain-lain. Hindari membeli kosmetik yang rusak/tidak jelas/pudar kemasannya karena meragukan kondisinya. Lebih baik pilih yang kemasannya dalam kondisi bagus. Jangan malu untuk menukar kosmetik pada penjual jika memang ada kemasan yang lebih baik. SElain kemasan, cermati pula tanggal kadaluarsa kosmetik. Belilah yang tanggal kadaluarsanya masih lama. Hal tersebut menandakan bahwa kosmetik masih dalam keadaan baru produksi atau fresh. 
  • Cek zat, bahan, dan kandungan yang terdapat dalam kosmetik untuk melihat apakah kosmetik tersebut aman atau tidak. Pengecakan kandungan ini sangat penting untuk mengetahui apa saja zat-zat yang ada dalam kosmetik tersebut. Jika ada zat yang berbahaya, maka jangan memakai kosmetik itu. Jika tidak ada zat berbahaya, maka lanjutkan untuk membeli dan memakainya. Hindari membeli kosmetik yang polosan atau kemasannya tidak dilengkapi dengan keterangan apapun. Karena kita tidak bisa mengecek zat apa saja yang ada di kosmetik tersebut. 

















WARDAH, KOSMETIK HALAL DAN AMAN UNTUK MUSLIMAH CANTIK

Wardah adalah sebuah brand yang berkomitmen untuk mendukung para wanita yang ingin  tampil cantik dan menawan dengan rangkaian  kosmetik dan perawatan kulit yang aman dan halal. Wardah mengangkat filosofi Wardah Signature Beauty yang menjadi landasan utama untuk  selalu mengutamakan kualitas sehingga seluruh produknya merupakan hasil dari proses berteknologi modern dibawah pengawasan ahli dan dokter kulit.
Sebagaimana yang tercantum di website resmi Wardah yaitu wardahbeauty.com,  dengan berpijak dari prinsip Pure and Safe, Wardah hadir sebagai sebuah brand yang mengutamakan keamanan dan kehalalan dari setiap produknya. Wardah menggunakan bahan-bahan alami yang berkualitas, aman, dan menggabungkannhya dengan teknologi modern sesuai dengan International Dermatologist Standard. Wardah juga tidak menggunakan Hidroquinon sehingga aman bagi siapa saja.

Wardah juga berpijak pada Beauty Expert yang berarti Wardah hadir untuk menjawab kebutuhan para wanita untuk bisa tampil cantik dan menawan. Oleh karena itu, Wardah selalu berinovasi untuk menciptakan berbagai produk yang mampu menjawab kebutuhan tersebut. Terakhir, Wardah berpijak pada Inspiring Beauty yang berarti Wardah berusaha memberi inspirasi bagi wanita untuk tampil cantik dan menawan.

Sekarang, Wardah sudah berusia 17 sejak dimulai pada 1995 silam. Produk-produknya pun mencapai angka 200 dengan jumlah Outlet mencapai 1500 buah.

Ada beberapa keunggulan Wardah dibandingkan dengan brand kosmetik lain, yaitu:
  • Terbuat dari bahan-bahan alami  yang berkualitas dan aman
  • Tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya seperti Hidroquinon yang berbahaya bagi kesehatan
  • Menggunakan teknologi terbaru sesuai  International Dermatologist Standard
  • Bersertifikasi halal dari MUI sehingga resmi menjadi kosmetik yang terjamin kehalalannya.
  • Produk telah lolos BPOM dan mendapatkan kode registrasi dari lembaga tersebut. Misalnya:
Produk Wardah telah mendapatkan kode  registrasi dari BPOM (Screencapture dok.pribadi)
  • Harga terjangkau namun bukan kosmetik murahan. Misalnya saja Paket Haji, rangkaian produk kosmetik Wardah untuk ibadah Haji dipatok dengan harga 10-30 ribu per produk. 
  • Produk mudah ditemui di mana saja karena outletnya tersebar di berbagai kota dan daerah.
  • Tersedia dalam berbagai varian (200 jenis) sehingga memudahkan para wanita untuk memilih produk yang tepat untuk kulit dan kebutuhan.
Selain memiliki keunggulan untuk diri sendiri atau pemakai, menggunakan produk Wardah juga berarti berkontribusi dalam memajukan industri dimestik. Mengapa? karena Wardah adalah produk hasil karya anak negeri kita sendiri. Nah, kalau  mau tau info lebih lengkap soal Wardah, kunjungi aja websitenya di sini.


Yups, aku juga pake Wardah lho. Pertemuan pertamaku dengan Wardah bermula beberapa bulan yang lalu. Waktu itu, aku  belum begitu kenal dengan Wardah apalagi produk-produknya.

Sebagai wanita, aku lebih suka tampil natural dengan  polesan make up tipis-tipis saja seperti bedak dan lipstik berwarna natural atau lipgloss. Aku bukan tipe wanita yang begitu suka berdandan. Aku berpikir kalau wanita yang suka dandan itu cenderung genit dan tidak natural.

Pada suatu hari, liptik yang biasa kupakai habis. Jadi, aku berjalan-jalan di mall dekat kampusku untuk mencari lipstik yang pas. Pas banget, di sana aku menemukan outlet Wardah. Iseng-iseng aku ke sana dan melihat-lihat. Eh, aku disambut dengan mbak penjaga outlet yang cantik. Mbak itu dandan, tapi dandannya tidak menor atau lebay. Mbaknya juga ramah banget. Mbak itu membantuku menemukan lipstik  yang sesuai dengan keinginanku.

Akhirnya, pilihanku jatuh ke  Exclusive Lipstik. Desainnya simple. Perpaduan warna hijau dan silver terlihat sangat elegan. Cocok banget untuk remaja muslimah seperti aku.

Untuk warna lipstiknya, aku pilih warna Pink Lovers. Aku pilih warna itu soalnya natural banget kalau dipake. Ga keliatan menor.  Meskipun warnanya natural, tapi tetep kelihatan mewah.

Selain itu, Exclusive Lipstik ternyata juga dilengkapi dengan pelembab ekstra yaitu Olive Oil, Jojoba Oil, dan Vitamin E yang bisa menjaga, melembabkan, dan menyehatkan bibirku.
 Me and My Exclusive Lipstik dari Wardah (dok.pribadi)

Setelah pake Exclusive Lipstik, rasanya bibirku lembab sepanjang hari dan penampilanku semakin menawan. Terimakasih Wardah ^_^

Okkey Cantik,
Tak terasa kita sudah di penghujung postingan ini,

Sampai jumpa lagi di lain waktu ^_^


Referensi Tulisanku ^__^ 
  1. Standar kecantikan dari berbagai negara diambil dari  http://forum.kompas.com/perempuan/116764-definisi-cantik-dari-berbagai-negara.html
  2. Jumlah kosmetik berbahaya dari  http://nasional.kompas.com/read/2008/11/26/17172151/BPOM.Kosmetik.Berbahaya.Jumlahnya.Jutaan.
  3. Kosmetik berbahaya di Mataram dari  http://www.globalfmlombok.com/content/bb-pom-mataram-sita-7934-kemasan-kosmetik-dan-obat-berbahaya
  4. Hidrokonin dan retinoat (repository.usu.ac.id) diambil dari  http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/22638/4/Chapter%20II.pdf
  5. SLS dan ALS  (gadis.co.id) dari  http://www.gadis.co.id/gaya/cantik/zat.berbahaya.pada.kosmetik/001/001/24
  6. Masalah kosmetik di yogyakarta dari  http://health.detik.com/read/2012/03/05/110024/1857813/763/hampir-separuh-kasus-penyakit-kulit-karena-produk-kosmetik?l1101755
  7. Pengertian halal dari  http://www.kumpulanistilah.com/2011/07/pengertian-halal.html
  8. Zat hewani yang tidak halal dari  http://camillacosmetic.com/bahan-kosmetik-dari-lemak-hewan/
  9. Informasi tentang LPPOM MUI dari   http://id.wikipedia.org/wiki/LPPOM_MUI  
  10. Informasi tentang BPOM dari  http://id.wikipedia.org/wiki/Badan_Pengawas_Obat_dan_Makanan
  11. Kode registrasi Wardah di screencapture dari  http://www.pom.go.id/nonpublic/reg/detail_produk.asp?idp=POM%20CA18091208281&klas_id=12  
  12. Informasi tentang cara melihat kode BPOM dari  http://ulpk.pom.go.id/ulpk/index.php?task=view&id=21&option=com_easyfaq&Itemid=26&lang=in
  13. Informasi tentang Wardah dari  http://www.wardahbeauty.com/id/about.html dan  http://www.wardahbeauty.com/id/news/read/7/tetap-cantik-tanpa-melanggar-ajaran-islam-asahi-shimbun-01-maret-2011.html
  14. Informasi tentang  Exclusive Lipstik dari    http://www.wardahbeauty.com/id/product/detail/56/exclusive-lipstick.html

¡Compártelo!

8 comments:

BUDHIANTO

wah bagus juga artikelnya, bagus untuk memilih kosmetik kecantikan

Hilmia Wardani Nugroho

terimakasih :)
salam kenal dari saya :)

BUDHIANTO

wah cocok juga artikelnya untuk kosmetik kecantikan

Hilmia Wardani Nugroho

Iyah, ini memang artikel kecantikan untuk Wardah. soalnya ikut kontes blog wardah & MUI :)

Humaira Nurbani Putri

iya tp msh contain paraben say.. which is toxic to human body.. :(

Hilmia Wardani Nugroho

Emang deh, kosmetik itu susah susah gampah milihnya. Semoga kita bisa terhindar dari kosmetik yang berbahaya ya mbak :)

Dedik Sasmita

Kosmetik yang aman, halal , dan terdaftar BPOM RI ada di http://www.berkosmetik.com/

Chalimi Fithratu

Wardah memang menginspirasi.. Buktinya banyak cosmetic company yang ikut berbondong-bondong mendapatkan sertifikat halal, contohnya Mustika Ratu. Keterangan lebih lengkap, baca review mustika ratu simply stay di blog ku yaa..
chalwoo <3

Poskan Komentar

Buscar

Memuat...
 
BENITORAMIO Copyright © 2011 | Tema diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger