Sejak internet semakin mudah untuk
diakses oleh siapa saja, semakin marak pula online shop yang beredar di dunia
maya. Ada yang menjual tas, sepatu, baju,gadget,dan lain sebagainya. Online
shop memang sangat menguntungkan bagi kedua
belah pihak yaitu penjual dan pembeli. Bagi penjual, berjualan lewat online shop
dapat menekan biaya promosi dan tidak membutuhkan banyak modal. Sedangkan bagi
pembeli, online shop memberikan cara belanja baru yang mudah dan tidak
melelahkan karena cukup mengikuti prosedur pembelian secara online.
Di balik maraknya online shop yang
beredar, alangkah baiknya kalau kita sedikit berhati-hati dengan adanya online
shop abal-abal. Online shop abal-abal adalah online shop yang tidak memberikan
layanan optimal kepada konsumen. Online shop ini tidak dikelola secara professional
sehingga hanya merugikan konsumen. Misalnya menarik perhatian konsumen
sebanyak-banyaknya lalu membuat mereka mengirim uang tanpa mengirimkan barang
yang dibeli. Ada pula online shop yang mengirim barang pada pembeli dengan
spesifikasi yang berbeda dengan informasi yang ditampilkan di website.
Sekarang, penyuka shopping online tidak perlu khawatir lagi memilih online shop mana yang bisa sepenuhnya memuaskan. Sudah hadir sebuah online shop yang lengkap, aman, mudah, terpercaya, dan memuaskan yaitu Zalora.
SEKILAS TENTANG ZALORA
Zalora adalah pusat belanja fashion online terbesar di Indonesia. Zalora menyediakan 400 brand lokal dan internasional dengan lebih dari 10.000 produk.
Zalora (dok.pribadi) |
Zalora hadir sebagai online shop
yang berkomitmen untuk memuaskan konsumen dengan menyediakan berbagai produk
istimewa dan layanan yang memuaskan. Sebagaimana yang diinformasikan dalam official
website Zalora yaitu zalora.co.id, Zalora
selalu menambahkan model terbaru untuk melengkapi koleksi brand yang tersedia
dan memaksimalkan perannya sebagai sumber tips-tips trendi dan fashion advice
yang senantiasa membantu konsumen untuk berbelana dengan penuh percaya diri.
Zalora memiliki 4 buah situs yang
dapat mempermudah konsumen untuk mengakses segala informasi tentang Zalora
sekaligus berhubungan dengan pihak Zalora secara langsung.
Keempat situs Zalora antara lain Official website yaitu zalora.co id yang berisi tentang seluruh informasi tentang Zalora. Sebuah blog yaitu blog.zalora.co.id, akun Twitter dengan ID @ZaloraID , dan akun Facebook di www.facebook.com/ZaloraIndonesia.
Dengan komitmen dan kemudahan akses
di keempat situsnya, Zalora hadir sebagai online shop yang menyediakan layanan
terbaik demi konsumennya.
APA KELEBIHAN ZALORA
DIBANDINGKAN DENGAN ONLINE SHOP YANG LAIN?
Bila bicara tentang Zalora, kita
akan menemukan berbagai hal menarik yang menjadi nilai plus dibndingkan dengan
online shop yang lain. Yuk, kita kupas satu persatu J
1.
Zalora
menyediakan berbagai produk yang dijamin LENGKAP dan
tersusun sangat rapi & jelas di website Zalora
Seperti yang saya sebutkan di atas,
Zalora menyediakan 400 brand lokal dan internasional. Brand yang tersedia pun
ga main-main. Sebut saja Adidas, Nike, Hush Puppies, FENDI, dan Calvin Klein.
brand di Zalora (dok.pribadi) |
Selain itu, produk di Zalora mencapai 10.000 produk yang mencakup fashion,
aksesoris, tas, sepatu, kecantikan, bahkan dekorasi rumah. Harganya pun sangat
bervariasi. Mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.
Produk-produk tersebut dibagi menjadi
beberapa katagori yaitu katagori wanita, pria, dan anak-anak. Produk untuk
wanita terdiri atas wedges, flats, heels, sandal, atasan, dresses, jeans, tas
dan aksesoris. Kalau produk untuk pria terbagi atas sepatu formal, sepatu casual,
sepatu olahraga, sneakers, celana pendek, jeans, T-shirt, dan kemeja. Sedangkan
produk untuk anak-anak tersedia mulai atasan, bawahan, dan sepatu untuk anak
laki-laki dan perempuan.
Selain tiga kategori di atas, konsumen
juga bisa mencari di katagori Sale dan katagori <300 bagi konsumen yang ingin
membeli produk dengan harga lebih terjangkau. Bagi para muslim atau hijabers,
bisa langsung klik katagori busana
muslim yang menyediakan berbagai fashion muslim yang elegan, anggun, dan
fashionable. Konsumen juga bisa langsung mencari produk berdasarkan
brand yang tersedia dengan klik katagori
brand. Kalau ingin update produk, langsung saja klik katagori New yang
menyediakan berbagai informasi tentang produk-produk baru di Zalora.
website Zalora (dok.pribadi) |
Semua produk tersebut di tampilkan di
website Zalora dengan informasi yang sangat jelas dan lengkap. Informasi tersebut
mencakup pilihan ukuran, tabel ukuran, rincian produk, bahkan gambar yang menampilkan semua sisi produk.
informasi produk yang ditampilkan di website Zalora (dok.pribadi) |
Selain memberikan informasi terperinci tentang produk yang dijual, Zalora pun menyediakan Brand Information di setiap produknya. Inilah salah satu kelebihan Zalora dibandingkan dengan online shop yang lain. Kebanyakan online shop lain tidak mencantumkan penjelasan apapun tentang brand sehingga terkesan meragukan. Padahal, konsumen pasti tidak ingin membeli kucing dalam karung yang artinya membeli tanpa tahu sebuah produk itu dari brand mana dan bagaimana seluk-beluknya.
Brand Information di Zalora (dok.pribadi) |
Brand Information di Zalora sangat membantu konsumen untuk mengetahui seluk beluk brand dari produk yang akan dibelinya. Dengan adanya Brand Information, konsumen bisa lebih mudah menentukan produk mana yang sesuai dengan pilihannya.
2.
Belanja
di Zalora dijamin AMAN
Zalora menjamin keamanan konsumen saat
berbelanja di Zalora. Pembayaran dapat dilakukan melalui kartu kredit, bank
transfer, dan pembayaran tunai saat pengiriman (cash on delivery). Setelah pemesanan berhasil, pihak Zalora akan
memberikan laporan tentang status pemesanan. Selain itu, semua konsumen akan
menerima nomor pelacak produk yang dapat memudahkan pembeli untuk melacak
perjalanan produk hingga sampai ke tangan konsumen.
3.
Zalora
menyediakan produk-produk dengan HARGA TERJANGKAU
Meski
mengusung konsep brand yang mewah dan elegan, Zalora tetap berbaik hati dengan
menyediakan berbagai produk berkualitas dengan harga terjangkau. Inilah
kelebihan Zalora yang lain. Zalora memberikan harga spesial yang menggiurkan agar konsumen bisa menemukan berbagai produk menarik dengan harga yang ramah di kantong.
Zalora sering mengadakan Sale besar-besaran pada waktu-waktu tertentu agar konsumen bisa tetap berbelanja dengan hemat. Sale yang diberikan pun tidak tanggung-tanggung yaitu hingga 80%. Sale yang tentu tidak bisa ditemukan di online shop yang lain bukan?
Selain
sale pada waktu tertentu, Zalora menyediakan produk dengan harga terjangkau
dalam dua pilihan yaitu Sale dan <300. Sale berisi berbagai
produk dengan potongan harga yang lumayan besar.
Adapun <300 berisi produk-produk dengan semua harga yang dipatok berada di bawah angka Rp 300.000. Dalam <300 tersedia dalam beberapa opsi yang memudahkan
konsumen dalam mencari produk yang sesuai.
Bagi konsumen yang ingin mencari
produk berdasarkan jenis kelamin, bisa klik
katagori wanita, laki-laki, atau anak-anak. Kalau ingin mencari berdasarkan
harga yang tersedia, bisa klik Harga
yang tersedia dalam dua fitur yaitu Rp 100.000,0-Rp250.000,0 dan Rp
250.000,0-Rp500.000,0. Kalau ingin mencari produk berlabel <300 berdasarkan
brand, konsumen bisa klik pilihan
brand yang tersedia atau search brand
yang diinginkan. Mudah bukan? Semua hanya ada di Zalora.
<300 hanya di Zalora (dok.pribadi) |
4.
Proses
shopping di Zalora sangat MUDAH
Mudah. Itulah kata yang paling tepat
untuk merepresentasikan proses belanja di Zalora. Zalora telah mendesain
sebuah system navigasi yang mampu memandu konsumen untuk transaksi dan membeli
barang dengan mudah. Konsumen tinggal
mengikuti prosedur yang sudah dibuat dan langsung bisa berbelanja.
Pertama, kita membuat akun di
Zalora terlebih dahulu. Selanjutnya, kita bisa langsung berbelanja dengan
mengisi keranjang belanja kita. Selanjutnya, Zalora akan mengirim email konfirmasi
pemesanan pada kita. Lalu, kita tinggal memilih cara pembayaran lewat kartu
kredit, bank transfer, atau pembayaran tunai saat pengiriman (cash on delivery). Pembayaran lewat
kartu dapat dilakukan lewat Visa, Mandiri, dan BCA. Selain itu, Zalora
menyediakan layanan pembayaran COD yang tersedia
di 32 kota.
layanan COD hanya di Zalora (dok.pribadi) |
Sebagaimana yang tercantum dalam
zalora.co.id, ada 3 langkah mudah untuk melakukan COD, yaitu
1. Pada halaman produk pilihan Anda,
pilih ukuran Anda. Selanjutnya, klik “Beli” dan “Lanjut
ke Pembayaran”.
2. Jika Anda sudah menjadi member
ZALORA, maka Anda hanya perlu memasukan e-mail dan password pada
kolom“Login”. Jika belum terdaftar, klik “Lanjutkan”.
3. Pada tahap akhir, isi data pribadi
Anda pada kolom “Informasi Anda”, lalu pilih Bayar di
Tempat (COD) pada Kolom“Cara Pembayaran”, cek ulang pemesanan
Anda di kolom “Konfirmasi Pembelian” dan klik “Bayar”.
Ada
satu lagi kemudahan lain yang diberikan oleh Zalora yaitu gratis biaya
pengiriman ke seluruh Indonesia. Jadi, kita tak perlu lagi bingung-bingung
menghitung pengeluaran untuk biaya pengiriman karena sudah ditanggung oleh
Zalora.
jasa pengiriman Zalora (dok.pribadi) |
Selain itu, Zalora juga menyediakan jasa pengiriman yang cukup banyak. Misalnya
JNE, Firstlogistik, Gojek, dan lain-lain.
5.
Zalora,
online shop yang TERPERCAYA
Salah
satu komitmen dari Zalora adalah menjadi online shop yang terpercaya. Oleh karena
itu, Zalora memiliki customer service yang handal dan terpercaya untuk melayani
pertanyaan para konsumen. Jika ada keluhan, Zalora siap memberikan pelayanan
yang cepat dan professional demi kepuasan konsumen. Customer Service Zalora bisa dihubungi di nomor 021-29490100. Email: help@zalora.co.id.
Customer service Zalora buka Senin - Jumat, 9:00 - 21:00 WIB.
6.
Zalora
menyediakan berbagai tawaran yang MENARIK
Zalora tak hanya menawarkan berbagai
produk yang berkualitas namun juga membahagiakan konsumen dengan berbagai tawaran
yang menarik. Misalnya saja voucher belanja Rp 50.000 bagi siapapun yang
berlangganan newsletter Zalora.
tawaran voucher dari Zalora (dok.pribadi) |
Saya pribadi pun tertarik dengan tawaran
tersebut. Saya memasukkan email saya di kolom yang tersedia. Belum sampai
sehari, saya mendapatkan email dari Zalora berisi voucher belanja Rp 50.000. Senangnya
J
voucher yang dikirim Zalora untuk saya (dok.pribadi) |
Selain voucher, Zalora juga memberikan
tawaran menggiurkan lain misalnya discount Rp 100.000 bagi pemilik kartu kredit
ANZ dengan ketentuan yang berlaku.
bonus dari Zalora untuk ANZ credit card holder (dok.pribadi) |
Dengan berbagai tawaran dan bonus-bonus
seperti ini, Zalora semakin lekat di hati para konsumennya.
7.
Layanan
Zalora dijamin MEMUASKAN
Zalora berkomitmen untuk memberikan
layanan terbaik demi kepuasan konsumen. Zalora berusahan untuk mengirimkan
barang dalam waktu 2 hari kerja sejak hari pemesanan barang.
Selain itu, Zalora juga berusaha memberikan layanan terbaik bagi konsumen. Kepuasan konsumen inilah yang sebenarnya menjadi tolak ukur sebuah online shop agar bisa dikatakan baik atau tidak. Jika tidak ada ulasan positif dari konsumen, maka bisa dipastikan sebuah online shop itu tidak baik Namun, kondisi yang berbeda justru didapatkan oleh Zalora. Zalora mendapatkan berbagai ulasan positif dari konsumen.
Ketika saya membuka akun twitter Zalora, saya banyak menemukan berbagai komentar positif tentang Zalora. Komentar-komentar tersebut kebanyakan dari konsumen yang mengungkapkan kebahagiaan dan perasaan mereka saat menerima kiriman barang dari Zalora. Cekidot
Ketika saya membuka akun twitter Zalora, saya banyak menemukan berbagai komentar positif tentang Zalora. Komentar-komentar tersebut kebanyakan dari konsumen yang mengungkapkan kebahagiaan dan perasaan mereka saat menerima kiriman barang dari Zalora. Cekidot
twit puas dari konsumen Zalora (dok.pribadi) |
Komentar-komentar itu membuktikan bahwa Zalora benar-benar online shop yang memperhatikan kepuasan konsumen. Jadi, saya tidak ragu lagi jika belanja di Zalora karena banyak review positif dari konsumen lain.
Selain itu, Zalora
juga memberikan sebuah layanan yang
sangat jarang ditemukan ketika berbelanja di online shop lain. Mau tahu? Zalora
memberikan layanan PENGEMBALIAN 7 HARI bagi konsumen. Layanan ini pun bukan
isapan jempol belaka. Zalora benar-benar menanggapi keluhan konsumen dengan
memberikan kepastian layanan pengembalian jika terjadi ketidaksesuaian harapan
konsumen yang tentu saja harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku. percakapan antara konsumen dan Zalora tentang layanan pengembalian barang (dok.pribadi) |
Layanan ini membuat Zalora mempunyai
kelebihan dibandingkan online shop lain yang biasanya memberlakukan peraturan “barang yang sudah dibeli tidak dapat ditukar
atau dikembalikam” Sebuah peraturan yang sangat menyebalkan bukan? iyah
kalau barangnya sesuai, kalau engga? Kita harus bagaimana? Nah, hal-hal semacam
ini tidak akan kita temukan jika kita berbelanja di Zalora.
Nah, setelah melihat banyak kelebihan yang dimiliki Zalora, semakin mantap bukan untuk berbelanja di sana. Jadi, ga perlu lama-lama lagi. Tinggalkan online shop kamu yang jadul dan tidak memuaskan, lalu berpindahlah ke Zalora. Dijamin puas deh ^_^
Sumber utama tulisan dan gambar dari zalora.co.id
4 comments:
Bagaimanakah cara saya mahu promosi product saya di web zalora, apakah syarat2 dan sebagainya, boleh tak tlg email details ke eryzacollection@gmail.com
makasih udah mampir :)
Saya kurang begitu tahu. mav ya :)
Kalu mw info yang lebih banyak, monggo kunjungi situs resmi zlora di zalora.co.id :)
Berbelanja online memang banyak keuntungan, salah satunya hemat waktu dan bisa memilih sesuai dengan selera :D
Posting Komentar